RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas 5 Tema 7 Sub Tema 1 Pembelajaran 1
Kelas 5 Tema 7 Sub Tema 1 Pembelajaran 1
Disusun Guna Memenuhi
Salah SatuTugas Mata Kuliah
Pengembangan IPA SD 2
Dosen Pengampu: Diana
Endah H, S.Pd,M.Pd
DisusunOleh:
1. Ismaul
Amalia (15120007)/4A
2. Durratun
Nashihah (15120022)/4A
4. Mila
Pertiwi (15120026)/4A
5. Feby
Dwi Anggraeny (15120029)/4A
6. Susilo
Bayu M (15120042)/4A
7. Wahyu
Adi Suseno (15120043)/4A
8. Inayati (15120041)/4A
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016/2017
RancanganPelaksanaanPembelajaran
(RPP)
SatuanPendidikan
: SD Negeri Pandean Lamper 04
Kelas /
Semester : V/2
Tema / Subtema
/ PB :Sejarah Peradaban
Indonesia
/ Kerajaan Islam di Indonesia / I
AlokasiWaktu
: 3x35 menit
A. KompetensiInti
( KI )
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan
di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KompetensiDasar
3.5 Mengenal
rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.5
Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda
yang ditarik oleh magnet
C. Indikator
3.5.6 Menyebutkan ciri-ciri magnet
4.5.1
Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat electromagnet sederhana
D. TujuanPembelajaran
1. Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan cirri cirri magnet dengan tepat.
2. Dengan
melakukan percobaan, siswa mampu membuat electromagnet sederhana secara benar
E. MateriPembelajaran
1. Ciri-ciri
benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis (Terlampir)
2. Cara
membuat elektromagnetik (terlampir)
F. Model,
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Problem Based Learning
b.
Metode Pembelajaran : ceramah, demostrasi, Tanya jawab
c.
Pendekatan : Scientific (mengamati, mengumpulkaninformasi,
eksperimen, mengasosiasi, menalar, danmengkomunikasikan.
G. Media,
Alat, dan SumberBelajar
1.
Gambar-gambar magnet
2.
Magnet
3.
Sumberbelajar
SejarahPeradaban Indonesia. Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan, 2014
H. Langkah
– langkah Kegiatanembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan salam dan menanyai kabar siswa.
2. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3. Guru
melaksanakan presensi
4. Guru
memberi
motivasi
dengan menanyai siswa beberapa bentuk dan cirri magnet
5. Guru
memberikan apresepsi dengan menanya kepada siswa“
Apakah kalian pernah memperhatikan pintu kulkas? Apakah yang terjadi pada saat
pintu kulkasakan ditutup? Merasa tertarikkan? Atau tidak?.Pasti nyatangan
kalian akan merasakan ada yang menarik pintu kulkas pada saat akan ditutup.
Nah, pada pembelajaran kali ini kita akan mempelajari tentang ciri-ciri
magnet.”
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran“ ibu berharap setelah mempelajari
materi ini kalian dapat memahami ciri-ciri magnet dengan benar.’fase
1
|
10 menit
|
KegiatanInti
|
1. Siswa
membaca teks bacaan dan menggali informasi dari bacaan mengenai magnet(mengamati)
2. Peserta didik berdiskusi dengan teman
sebangku nya atau menanyakan tentang cirri-ciri magnet.(bertanya) fase
2
3. Siswa diminta membentuk 4-5
kelompok
4. Peserta didik melakukan percobaan mengenai
ciri-ciri magnet sesuai dengan kelompoknya .(mencari informasi) fase
3
5. Peserta didik
bersama dengan teman kelompoknya menjelaskan cirri-ciri magnet
berdasarkanpercobaan yang telah dilakukan.(menalar dan mengasosiasi)fase
4
6. Peserta didik
bersama dengan kelompoknya memaparkan hasil dari diskusi mengenai ciri-ciri
magnet.(mengkomunikasikan)fase 5
|
15 menit
|
Penutup
|
1. Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan dengan menyampaikan
kesimpulan bersama siswa
2. Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
3. Guru melakukan
presensi peserta didik sembari
melakukan proses penilaian.
4. Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
5. Guru mengucapkan salam penutup
|
10 menit
|
I. Penilaian
1.
Penilaian sikap : percaya diri, santun, teliti (terlampir)
2.
UnjukKerja :
keterampilan bercerita danberbicara (Terlampir)
3.
Penilaian Pengetahuan : (butir-butir soal terlampir
Semarang,
8 Juni 2017
Mengetahui,
Dosen
Pengampu Mahasiswa Praktikan
Diana
Endah H, S.Pd, M.Pd Mila
Pertiwi
NPP. NPM.
15120026
Lampiran I
Ciri-ciri Magnet
1. Apabila digantungkan dengan seutas tali,
akan mengarah keutara dan selatan.
2.
Apabila
dua kutub yang sama saling tolak menolak, dua kutub tak senama tarik menarik
3.
Apabila
dipotong menjadi dua, tetap memiliki kutub utara dan selatan.
4.
Mempunyai
daya tarik terhadap benda logam.
Lampiran II
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apabila
dua kutub magnet yang sama saling di dekatkan akan…
2. Bagian
magnet yang paling kuat gaya tariknya adalah….
3. Contoh
benda yang dapat ditarik magnet adalah … dan …
4. Benda
benda yang dapat ditarik magnet disebut…
5. Daerah
yang dilingkupi magnet disebut…
Jawab
1. Tolak
menolak
2. Kutub
magnet
3. Besi,
logam
4. Benda
magnetis
5. Medan
magnet
LampiranIII
Kriteria
|
BaikSekali
|
Baik
|
Cukup
|
PerluBimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
Siswatentang
sifatdanciri-ciri
magnet
terlihat
sangatjelas
dalampercobaan
yang ialakukan
|
Siswaterlihat
hanyamenguasai
duadaritiga
konsepsifatdan
ciri-ciri
magnet
|
Siswaterlihat
hanyamenguasai
duadaritiga
konsepsifatdan
ciri-ciri
magnet
itupundengan
bantuanteman
sekelompoknya
|
Siswamasih
membutuhkan
bantuanuntuk
memahami
seluruhkonsep
sifatdanciri-ciri
magnet
|
Keterampilan
Melakukan
Percobaan
|
Seluruhsiswa
dalamkelompok
memiliki
keterampilan
yang
sangatbaik
dalammelakukan
percobaan,
membuat
dugaansebelum
percobaan
yang dilakukan
sertamenyusun
kesimpulandari
hasilpercobaan
|
Seluruhsiswa
dkelompok
memiliki
keterampilan
yang cukupbaik
dalammelakukan
percobaan,
membuat
dugaansebelum
percobaan
yang dilakukan
sertamenyusun
kesimpulandari
hasilpercobaan
|
Seluruhsiswa
dalamkelompok
memiliki
keterampilan
yang
masihperlu
ditingkatkan
dalammelakukan
percobaan,
membuat
dugaansebelum
percobaan
yang dilakukan
sertamenyusun
kesimpulandari
hasilpercobaan
|
Guru banyak
memberikan
bantuansaat
seluruhsiswa
dalamkelompok
melakukan
percobaan,
membuatdugaan
sertamenyusun
kesimpulanhasil
percobaan
|
Sikap Rasa
InginTahudan
Kecermatan
Siswa
|
Seluruh
anggotaterlihat
Bersungguhsungguh,
menunjukkan
rasa ingintahu
dankecermatan
|
Seluruh
anggotaterlihat
menunjukkan
rasa ingintahu
dankecermatan,
walaupun
beberapa
diantaranya
terlihatkurang
bersungguhsungguh
|
Seluruh
anggotaterlihat
menunjukkan
rasa ingintahu
walaupunbanyak
diantaranya
terlihatkurang
bersungguhsungguh
|
Seluruhanggota
masihharusterus
diingatkan
agar
bersungguhsungguh
dan
cermatsaat
melakukan
percobaan
|
0 komentar:
Posting Komentar