Kamis, 15 Juni 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas 5 Tema 7 Sub Tema 1 Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas 5 Tema 7 Sub Tema 1 Pembelajaran 1
Disusun Guna Memenuhi Salah SatuTugas Mata Kuliah
Pengembangan IPA SD 2
Dosen Pengampu: Diana Endah H, S.Pd,M.Pd



DisusunOleh:
1.      Ismaul Amalia                   (15120007)/4A
2.      Durratun Nashihah           (15120022)/4A
3.      Nawang Wulan                  (15120025)/4A
4.      Mila Pertiwi                       (15120026)/4A
5.      Feby Dwi  Anggraeny        (15120029)/4A
6.      Susilo Bayu M                    (15120042)/4A
7.      Wahyu Adi Suseno             (15120043)/4A
8.      Inayati                                 (15120041)/4A

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2016/2017



RancanganPelaksanaanPembelajaran
(RPP)
SatuanPendidikan      : SD Negeri Pandean Lamper 04
Kelas / Semester          : V/2
Tema / Subtema / PB  :Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / I
AlokasiWaktu            : 3x35 menit
A.    KompetensiInti ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan  dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak   mulia.
B.    KompetensiDasar
3.5  Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
C.    Indikator
3.5.6 Menyebutkan ciri-ciri magnet
4.5.1 Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat electromagnet sederhana
D.    TujuanPembelajaran
1.     Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan cirri cirri magnet dengan tepat.
2.     Dengan melakukan percobaan, siswa mampu membuat electromagnet sederhana secara benar



E.    MateriPembelajaran
1.     Ciri-ciri benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis (Terlampir)
2.     Cara membuat elektromagnetik (terlampir)
F.     Model, Metode dan Pendekatan Pembelajaran
a.      Model Pembelajaran  : Problem Based Learning
b.     Metode Pembelajaran : ceramah, demostrasi, Tanya jawab
c.      Pendekatan                 : Scientific (mengamati, mengumpulkaninformasi, eksperimen, mengasosiasi, menalar, danmengkomunikasikan.
G.   Media, Alat, dan SumberBelajar
1.     Gambar-gambar magnet
2.     Magnet
3.     Sumberbelajar
SejarahPeradaban  Indonesia. Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan, 2014
H.    Langkah – langkah Kegiatanembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.     Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyai kabar siswa.
2.     Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
3.     Guru melaksanakan presensi
4.     Guru memberi motivasi dengan menanyai siswa beberapa bentuk dan cirri magnet
5.     Guru memberikan apresepsi dengan menanya kepada siswa“ Apakah kalian pernah memperhatikan pintu kulkas? Apakah yang terjadi pada saat pintu kulkasakan ditutup? Merasa tertarikkan? Atau tidak?.Pasti nyatangan kalian akan merasakan ada yang menarik pintu kulkas pada saat akan ditutup. Nah, pada pembelajaran kali ini kita akan mempelajari tentang ciri-ciri magnet.”
6.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran“ ibu berharap setelah mempelajari materi ini kalian dapat memahami ciri-ciri magnet dengan benar.’fase 1

10 menit
KegiatanInti
1.     Siswa membaca teks bacaan dan menggali informasi dari bacaan mengenai magnet(mengamati)
2.     Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku nya atau menanyakan tentang cirri-ciri magnet.(bertanya) fase 2
3.     Siswa diminta membentuk 4-5 kelompok
4.     Peserta didik melakukan percobaan mengenai ciri-ciri magnet sesuai dengan kelompoknya .(mencari informasi) fase 3
5.     Peserta didik bersama dengan teman kelompoknya menjelaskan cirri-ciri magnet berdasarkanpercobaan yang telah dilakukan.(menalar dan mengasosiasi)fase 4
6.     Peserta didik bersama dengan kelompoknya memaparkan hasil dari diskusi mengenai ciri-ciri magnet.(mengkomunikasikan)fase 5

15 menit
Penutup
1.     Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan dengan menyampaikan kesimpulan bersama siswa
2.     Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
3.     Guru melakukan presensi peserta didik sembari melakukan proses penilaian.
4.     Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
5.     Guru mengucapkan salam penutup
10 menit
I.      Penilaian
1.     Penilaian sikap                       : percaya diri, santun, teliti (terlampir)
2.     UnjukKerja                             : keterampilan bercerita danberbicara (Terlampir)
3.     Penilaian Pengetahuan           : (butir-butir soal terlampir




Semarang, 8 Juni 2017
Mengetahui,
Dosen Pengampu                                                                                      Mahasiswa  Praktikan


Diana Endah H, S.Pd, M.Pd                                                                     Mila Pertiwi
NPP.                                                                                                         NPM. 15120026















Lampiran I
Ciri-ciri Magnet
1.     Apabila digantungkan dengan seutas tali, akan mengarah keutara dan selatan.
2.     Apabila dua kutub yang sama saling tolak menolak, dua kutub tak senama tarik menarik
3.     Apabila dipotong menjadi dua, tetap memiliki kutub utara dan selatan.
4.     Mempunyai daya tarik terhadap benda logam.

Lampiran II
Jawablah  pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.     Apabila dua kutub magnet yang sama saling di dekatkan akan…
2.     Bagian magnet yang paling kuat gaya tariknya adalah….
3.     Contoh benda yang dapat ditarik magnet adalah … dan …
4.     Benda benda yang dapat ditarik magnet disebut…
5.     Daerah yang dilingkupi magnet disebut…

Jawab

1.     Tolak menolak
2.     Kutub magnet
3.     Besi, logam
4.     Benda magnetis
5.     Medan magnet





LampiranIII
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
Siswatentang
sifatdanciri-ciri
magnet terlihat
sangatjelas
dalampercobaan
yang ialakukan
Siswaterlihat
hanyamenguasai
duadaritiga
konsepsifatdan
ciri-ciri magnet
Siswaterlihat
hanyamenguasai
duadaritiga
konsepsifatdan
ciri-ciri magnet
itupundengan
bantuanteman
sekelompoknya
Siswamasih
membutuhkan
bantuanuntuk
memahami
seluruhkonsep
sifatdanciri-ciri
magnet
Keterampilan
Melakukan
Percobaan
Seluruhsiswa
dalamkelompok
memiliki
keterampilan
yang sangatbaik
dalammelakukan
percobaan,
membuat
dugaansebelum
percobaan
yang dilakukan
sertamenyusun
kesimpulandari
hasilpercobaan
Seluruhsiswa
dkelompok
memiliki
keterampilan
yang cukupbaik
dalammelakukan
percobaan,
membuat
dugaansebelum
percobaan
yang dilakukan
sertamenyusun
kesimpulandari
hasilpercobaan
Seluruhsiswa
dalamkelompok
memiliki
keterampilan
yang masihperlu
ditingkatkan
dalammelakukan
percobaan,
membuat
dugaansebelum
percobaan
yang dilakukan
sertamenyusun
kesimpulandari
hasilpercobaan
Guru banyak
memberikan
bantuansaat
seluruhsiswa
dalamkelompok
melakukan
percobaan,
membuatdugaan
sertamenyusun
kesimpulanhasil
percobaan
Sikap Rasa
InginTahudan
Kecermatan
Siswa
Seluruh
anggotaterlihat
Bersungguhsungguh,
menunjukkan
rasa ingintahu
dankecermatan
Seluruh
anggotaterlihat
menunjukkan
rasa ingintahu
dankecermatan,
walaupun
beberapa
diantaranya
terlihatkurang
bersungguhsungguh
Seluruh
anggotaterlihat
menunjukkan
rasa ingintahu
walaupunbanyak
diantaranya
terlihatkurang
bersungguhsungguh
Seluruhanggota
masihharusterus
diingatkan agar
bersungguhsungguh
dan
cermatsaat
melakukan
percobaan

0 komentar:

Posting Komentar

 

DIARY AMATIRAN Template by Ipietoon Cute Blog Design