1.
RAMAH
& RIANG
·
Murah senyum, menyapa, memulai
pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan penuh perhatian dan hormat
terhadap komentar siswa.
·
Menceritakan leucon, tertawa bersama
siswa
2.
PENUH
KEAKRABAN
Pandai membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal
nama-nama siswa, berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran
berlangsung
3.
BERWIBAWA
& PERCAYA DIRI
·
Menerapkan tata tertib belajar yang
jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan suara lantang dan jelas.
·
Berbicara jelas, menatap (kontak)
mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar.
4.
RENDAH
HATI & PEDULI
·
Mengakui kesalahan, tidak sombong,
tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak merendahkan perestasi/sukses
orang lain
·
Menghargai karya siswa yang baik,.
membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal nama-nama siswa, menawarkan
bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa yang tinggi.
5.
HORMAT/MENGHARGAI
·
Tidak melecehkan dan mempermalukan
siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata minta tolong dan terima
kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta, tidak memotong pembicaraan
siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa.
6.
PENDENGAR
YANG BAIK
·
Tidak memotong pembicaraan siswa,
selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan yang diajukan siswa.
7.
PROFESIONAL
DALAM PENAMPILAN
·
Berpakaian rapih, bersih, tidak
kusut, dan kotor.
8.
ANTUSIAS
DALAM MENGAJAR
·
Murah senyum saat mengajar,
menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik
untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu.
9.
MENGELOLA
WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK
·
Tiba tepat waktu atau lebih awal,
mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan ajar yang relevan,
memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati janji, mengembalikan
pekerjaan siswa tepat waktu
10.
KREATIF &
MENARIK
·
Melakukan eksperimen metode
mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan meningkatkan
kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan tidak monoton
11.
KOMUNIKATOR
EFEKTIF
·
Berbicara lantang dan jelas, menggunakan
kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas dan relevan
12.
MENETAPKAN
SASARAN BELAJAR HARIAN
·
Menyiapkan dan mengikuti silabus dan
RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
13.
MELEK/TERAMPIL
TEKNOLOGI
·
Mampu menggunakan komputer, mampu
melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu menggunakan alat tayang seperti
OHP, LCD, dll
14.
MENGUASAI
MATERI AJAR
·
Mampu menjawab dengan mudah
pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan, dan memberikan
contoh yang jelas dan mudah dimengerti
15.
MENYAJIKAN
INFORMASI TERKINI
·
Mengaitkan topik pembelajaran dengan
situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku, majalah, video dll) mutakhir
16.
SELALU
SIAP
·
Membawa benda/bahan yang diperlukan
dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang ke kelas, memberikan kerangka
kegiatan belajar (diskusi dsb)
17.
MERANGSANG
DISKUSI
·
Mengajukan pertanyaan menantang dan
kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam kegiatan
pembelajaran
18.
MERANGSANG
TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL
·
Mengajukan pertanyaan
cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian, memberikan
tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
19.
MEMBERIKAN
UMPAN BALIK KONSTRUKTIF
·
Memberi komentar pada kertas kerja
siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran
20.
MENERAPKAN
UJIAN YANG BERKEADILAN
·
Memberikan garis-garis besar bahan
yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani siswa dengan bahan
bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa
21.
PEKA &
TEGUH HATI
·
Meyakinkan diri bahwa siswa telah
menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru, memberikan pelajaran
tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman siswa
22.
BERUSAHA
MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK
·
Meminta umpan balik atas kinerjanya
dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan dll), menggunakan
metode mengajar tebaru
23.
KESALINGMENGERTIAN
· Mau menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan
pelajaran, tidak kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan
waktu tambahan untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.
0 komentar:
Posting Komentar