Selasa, 16 Mei 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATERI PEMBULATAN BILANGAN KELAS 5 SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATERI PEMBULATAN BILANGAN
KELAS 5 SEMESTER 1
Disusun Guna Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran Bilangan SD
Dosen Pengampu: Ryky Mandar Sary, S.Pd, M.Pd



Disusun Oleh:
Nama                    : MILA PERTIWI
NPM                     : 15120026


PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2015/2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SDN Pandean Lamper 04
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas/Semester
:
V (lima)/ 1 (satu)
Waktu
:
2 x 35 menit
Hari/Tanggal
:
Jumu’ah, 12 Mei 2017

A.    Standar Kompetensi:
a.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B.    Kompetensi Dasar:
1.3  Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran. 
C.    Indikator:
a.      Melakukan pembulatan bilangan ke dalam puluhan terdekat.
D.    Tujuan Pembelajaran:
a.      Setelah pembelajaran selesai siswa dapat melakukan pembulatan bilangan ke dalam puluhan terdekat dengan benar
E.    Materi Pembelajaran:
Pembulatan bilangan
F.    Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran  : example non example
Metode Pembelajaran: ceramah, diskusi, demonstrasi, penugasan
G.   Pendekatan                 : Kontekstual.
H.    Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
Salam

Berdo’a
Absensi
Apersepsi










Motivasi
1.     Guru mengucapkan salam, berdo’a bersama, presensi dan mengkondisikan siswa untuk siap belajar sebagai pembuka.
2.       Guru memberikan apersepsi yang mengacu pada materi pembelajaran. Dengan cara bernyanyi bersama “ Ayo anak-anak bernyanyi bersama, cara pembulatan ke puluhan terdekat, jika kurang 5 maka dinaikkan, jika kurang 5 maka akan tetap sama, ayo berlatih, ayo berlatih, ayo, ayo berlatih kita bersama sama.”
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu Setelah pembelajaran selesai siswa dapat melakukan pembulatan bilangan ke dalam puluhan terdekat dengan benar.
4.       Kegiatan pembelajaran meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
3 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Guru menunjukkan media “TaBuLa” pada siswa.
-Guru menjelaskan peraturan permainan “TaBuLa”
-Guru memberikan contoh cara memainkan “TaBuLa”
-Guru meminta salah satu siswa maju ke depan.
- Guru memberikan “TaBuLa” kepada siswa
-Siswa memainkan “TaBuLa” dengan cara guru membacakan soal cerita dan siswa mengikuti instruksi yang di berikan oleh guru. Siswa menjalankan salah satu hewan yang telah dipilih. Ketika guru mebacakan instruksi bahwa harus melewati gambar hati, maka hewan tersebut harus berjalan ke pos selanjutnya. Namun, jika tidak melewati gambar hati maka hewan tersebut harus kembali ke tempat semula.
- Siswa kemudian menunjuk teman temannya yang lain untuk bermain permainan tersebut.
Elaborasi
- guru menyiapkan gambar yang di temple di whiteboard
-guru memanggil salah satu siswa untuk maju ke depan
-guru menempelkan gambar pada alat peraga. Kemudian guru membacakan soal kepada siswa dan siswa mulai menganalisis soal serta mengaplikasikan pada gambar.
Konfirmasi
-Guru memberi konfirmasi dan klarifikasi 2 pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh masing-masing kelompok.
-Pemberian penghargaan berupa pin jamur pintar kepada kelompok berprestasi.
-Guru memberikan motivasi kepada kelompok yang belum baik agar lebih baik lagi dan yang sudah baik meningkatkan lagi kerjasama dalam kelompok
4 menit
Kegiatan Penutup
-Guru membantu siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini yaitu cara pembulatan bilangan ke puluhan terdekat (misalnya 657 dibulatkan menjadi 660)
- Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
- Guru meminta salah satu siswa memimpin doa sesudah belajar
- Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
3 menit


I.       Media dan sumber Belajar
a.      sumber            : Purwanti, teguh,dkk.2006.Memahami dan Berlatih Matematika SD/MI 5. Jakarta: BumiAksara
b.     Media  :
TaBuLa  (Tangga Pembulatan)
c.      Kartu soal
d.     White board, spidol warna, dan penghapus white board

J.     Penilaian
a.      Jenis tes                      :  Tertulis
b.     Bentuk Tes                  :  Objektif dan Subyektif
c.      Alat Penilaian             :  Soal tertulis, kunci jawaban
d.     Prosedur Penilaian     :  Penilaian hasil
K.    Lampiran-lampiran
a.      Rangkuman MaterI
b.     Soal Evaluasi
c.      Kunci jawaban soal evaluasi
d.     Media Pembelajaran

Mengetahui
Dosen,



( Ryky Mandarsary S.Pd.,M.Pd)




















Semarang, 7 Mei 2017
Mahasiswa Praktikan



( Mila Pertiwi )
NPM : 15120026
Lampiran I
MATERI PELAJARAN
Pembulatan ke Puluhan Terdekat
Pembulatan ke puluhan terdekat diatur sebagai berikut:
a.      Untuk angka yang terletak di belakang koma lebih kecil dari 5 angka itu dihilangkan
b.     Untuk angka yang  terletak di belakang koma lebih atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 puluhan
Contoh :
                           53 dibulatkan menjadi 50
376  dibulatkan menjadi 380
                    
Lampiran II
Soal Evaluasi
Bulatkan jumlah di bawah ini ke dalam puluhan terdekat!
1. 342       =…                         6.   1.244 =…
2. 683       =…                         7.   1.128=…
3. 722       =…                         8.   2.246=…
4. 595       =…                         9.   3.167=…
5. 874       =…                         10. 3.457=…


Lampiran III
KUNCI JAWABAN

a.  340                                     f. 1.240
b.  690                                     g. 1.130
c.  690                                     h. 2.250
d.  720                                     i.  3.170
e. 600                                      j.  3.460


Lampiran IV
































0 komentar:

Posting Komentar

 

DIARY AMATIRAN Template by Ipietoon Cute Blog Design